Tips Keamanan Sepeda

Meskipun sepeda adalah moda transportasi yang menyenangkan dan tidak berbahaya bagi lingkungan, ia tidak dikecualikan dari kecelakaan di dalam dan di luar jalan raya. Untuk meminimalisir resiko kecelakaan tersebut, seseorang harus mengetahui aturan keselamatan sepeda.

Lindungi Kepala Anda

Anda tidak boleh lupa untuk mengenakan helm, bahkan jika Anda berencana untuk bepergian dalam waktu singkat. Sulit untuk membujuk sebagian orang untuk melakukannya, terutama para remaja yang percaya bahwa mereka tidak terkalahkan. Tapi pertimbangan kecil ini sebenarnya bisa menyelamatkan nyawa. Banyak pengendara sepeda yang mengalami cedera kepala hanya karena menolak atau lupa melakukannya.

Sekarang ada standar keamanan dalam penggunaan helm. Mereka harus pas dengan kepala Anda dan topi tidak boleh dikenakan di bawahnya. Itu juga harus dipakai dengan cara yang benar- tingkat dan menutupi dahi. Tali harus diikat dengan erat.

Jika helm telah menyelamatkan kepala Anda dari kecelakaan besar di jalan raya, inilah saatnya untuk mulai memikirkan yang baru. Kualitasnya mungkin telah terganggu setelah crash dan tidak akan seaman di lain waktu.

Periksa Sepeda

Sesekali, periksa apakah sepeda Anda berfungsi dengan baik. Pastikan setang, jok, dan roda terpasang erat. Periksa apakah rantai cukup terlumasi. Oleskan minyak di atasnya secara teratur.

Uji rem untuk melihat apakah berfungsi. Jika ada yang salah dengan mereka, jangan menggunakan sepeda tanpa menggantinya, meskipun hanya untuk perjalanan singkat.

Periksa ban sebelum berangkat. Pastikan ada cukup udara di dalamnya. Juga jangan lupa untuk mengecek tekanan ban.

Visibilitas

Semakin terlihat Anda mengendarai sepeda, semakin baik. Banyak kecelakaan terjadi karena pengemudi kendaraan tidak memperhatikan sepeda yang masuk hingga terlambat.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan reflektor belakang dan reflektor lainnya. Juga bagus untuk memasang reflektor pada helm Anda.

Pakaian yang Tepat

Kenakan pakaian yang nyaman, celana yang tidak terlalu longgar atau rok yang mungkin tersangkut di rantai sepeda. Jangan bersepeda tanpa alas kaki atau saat mengenakan sepatu hak tinggi atau sepatu atau sandal tidak praktis lainnya.

Off the Road

Anda tidak disarankan untuk membawa sepeda keluar dari jalan raya jika tidak dirancang sebagai sepeda off-road. Saat Anda melakukannya, gunakan sarung tangan berkuda. Waspadai puing-puing seperti batu, kerikil, dan bebatuan, serta lubang atau ketidakteraturan medan.

Di jalan

Menyeberang di persimpangan, dan pastikan untuk mengikuti lampu lalu lintas dan sinyal. Anda tidak dibebaskan dari mereka hanya karena Anda sedang bersepeda. Jangan membelok di antara mobil tanpa peringatan. Bepergian di sisi jalan yang sama dengan yang dilalui mobil – jangan pernah mencoba untuk berkendara ke arah yang berlawanan. Jika ada rute sepeda di jalan, ambillah.

Pastikan Anda menguasai sinyal tangan untuk berbelok, mengerem, dan tujuan lainnya. Ini akan membantu Anda berkomunikasi dengan pengemudi kendaraan lain sehingga mereka tidak terkejut saat Anda bergerak.

Gunakan cermin. Mereka ada di sana untuk suatu tujuan. Jangan pernah berbalik atau berbelok sambil melihat dari balik bahu Anda. Jangan pernah melepaskan tangan Anda dari setang. Jalanan bukanlah tempat yang baik untuk melakukan aksi apapun.

Ingatlah bahwa sepeda bukan hanya sebagai sarana rekreasi, tetapi juga kendaraan yang harus mematuhi aturan keselamatan. Mengambil tindakan pencegahan kecil bisa sangat membantu dalam mencegah kecelakaan dalam skala besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *